RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
I.
PENYELENGGARA
A. SatuanPendidikan : SMP N 1 Kebonagung
B. TahunAjaran/Semester :
2015-2016, Semester 1
C. SasaranPelayanan :Kelas VIII
D. Pelaksana :
Nita DwiAstuti, S.Pd
E.
PihakTerkait :Walikelasdan
Guru bidangstudi
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A. Tanggal : 26
Agustus 2015
B. Jam
Pembelajaran/Pelayanan : Jam Ke-3
C. Volume
Waktu(JP) : 40 menit
D. SpesifikasiTempatBelajar :RuangKelas
III.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Tema/Subtema : 1. Tema :Mampubelajarsecara
optimal
untukmenguasai program –
program di SMP
2. Subtema :Kebiasaanbelajar yang baik
B.
SumberMateri :Bukupanduan
IV.
TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
A. Pengembangan
KES : Agar
siswamemahami/mampubelajarsecara
optimaluntukmenguasai
program-program di SMP
B. Penanganan
KES-T :Untukmengurangi,
menghindarkan/
menghilangkan, mencegahkejenuhanbelajar
V.
METODE
DAN TEKNIK
A. JenisLayanan :LayananInformasi
B. KegiatanPendukung : -
VI.
SARANA
A. Media :Lcd
B. Perlengkapan :Alattulis
VII.
SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN/PELAYANAN
A.
KES
1. Acuan
(A) :hal-hal yang
perludiketahuikonselitentang
berbagaimacamcarabelajar
2. Kompetensi
(K) :meningkatkanmotivasibelajar
3. Usaha
(U) :memanfaatkanberbagaimacam-macambelajar
untukmeningkatkanprestasibelajar
4. Rasa
(R) :senangdanmenikmatisertamengetahuikebiasaan
belajar
5. Sungguh-sungguh
(S) :menikmatidanmempraktikandalampembelajaran
B.
KES-T,
yaituterhindarnyakehidupanefekstifsehari-hari yang terganggudalamhal:
1. MalasBelajar
2. KejenuhanBelajar
C.
RidhoTuhan,
Bersyukur, Ikhlas, danTabah
Melaluipendekatantransformatif BMB3
konselidiarahkanmemohonridhoTuhan Yang MahaEsauntukmencapaiapa yang diinginkan,
bersyukurataskeberhasilannya, danikhlassertatawakaljikaada yang
belumterpenuhisebagaimana yang diharapkandanterusberusahakerasuntukmencapainya.
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN
A.
LANGKAH
PENGANTARAN
1. Mengucapkansalamdanmengajaksiswaberdo’a
2. Mengecekkehadiransiswa,
danmengajakmerekaberempatikepadasiswa yang tidakhadir.
3. Mengajakdanmembimbingsiswauntukmengikutikegiatanpembelajaran/pelayanandenganpenuhperhatian,
semangatdanpenampilandenganmelakukankegiatanberpikir, merasa, bersikap,
bertindakdanbertanggungjawab (BMB3).
4. Melakukan
Ice Breaking untukmencairkansuasana
B.
LANGKAH
PENJAJAGAN
1. Menanyakankepadasiswatentangdefinisibelajar
2. Memintaresponsiswatentangdefinisibelajardancara/kebiasaanbelajar
yang baik.
3. Memintasiswamengemukakanpengalamantentangcarabelajarnyaselamaini
4. Memberikanulasansecaraumumdanpenegasan-penegasanberkenaandenganmasukan/respon/pengalamansiswauntuknomor
1,2, dan 3 diatas.
C.
LANGKAH
PENAFSIRAN
1. Membahaskondisi/materi
yang dikemukakansiswapadalangkahpenjajakandenganpenekanan-penekanantertentumengarahpadamateripokok.
2. Siswadiberikesempatanuntukmenanyakanataumeresponmateri
“kebiasaanbelajar yang baik” yang telah di jelaskan;
pertanyaandanresponsiswatersebutdijawabdandiberikanulasansertapenegasan-penegasan
yang diperlukan.
D.
LANGKAH
PEMBINAAN
Berisikegiatanpenguraian, diskusi,
pelatihanpengembangansikap, pengetahuan, danketrampilanmelaluistrategi
transformative dengandinamika BMB3.
1. Semuapesertadidikdimintauntukmembuatjadwalkegiatansehari-hariseorangsiswa SMP
2. Memintasalahsatusiswauntukmempresentasikan/membacakanjadwalkegiatansehari-hari
yang telahdibuatnyadihadapansiswalainnya
3. Memberkankesempatanbagisiswa
yang lain untukmenanggapi
4. Mengakhirilayanandenganmemotivasibelajaruntuksiswa
E.
LANGKAH
PENILAIAN TINDAK LANJUT
1.
PenilaianHasil
Di akhir proses
pembelajaran/pelayanansiswadimintamerefleksikan (secaralisandanatautertulis)
apa yang merekaperolehdenganpola BMB3 dalamunsur-unsur AKURS:
a.
Berfikir :
Bagaimanasiswaberpikirtentangkebiasaanbelajar yang
baik
b.
Merasa :
Bagaimanaperasaansiswaberkenaandenganberbagai
macamcarabelajar
c.
Bersikap :
Apa yang siswainginkandanhendaklakukanberkenaan
dengancara/kebiasaanbelajar
yang baik
d.
Bertindak : Pesertadidikmampumemilihcarabelajar yang sesuai
dengandirinya
e.
Bertanggungjawab : Bagaimanasiswabersungguh-sungguhdalambelajar
denganmenggunakancara/kebiasaanbelajar
yang sesuai
dengandirinya
2.
Penilaian
Proses
Melaluipengamatandilakukanpenilaian
proses pembelajaran/pelayananuntukmemperolehgambarantentangaktivitassiswadanefektivitaspembelajaran/pelayanan
yang telahdiselenggarakan.
3.
LAPELPROG
danTindakLanjut
Setelahkegiatanpembelajaranataupelayananselesai,
disusunlahLaporanPelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data
penilaianhasildan proses, dengandisertaiarahtindaklanjutnya.
Mengetahui,
KepalaSekolah Guru
BK
RofieqIrhasLaela, S.Pd Nita DwiAstuti, S.Pd
NIP. 196204061986031018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar