Selasa, 23 Februari 2016

RPL BK -KES-T



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

       I.            PENYELENGGARA
A.       SatuanPendidikan                                    : SMP N 1 Kebonagung
B.       TahunAjaran/Semester                 : 2015-2016, Semester 1
C.       SasaranPelayanan                         :Kelas VIII
D.       Pelaksana                                     : Nita DwiAstuti, S.Pd
E.        PihakTerkait                                 :Walikelasdan Guru bidangstudi

    II.            WAKTU DAN TEMPAT
A.       Tanggal                                        : 26 Agustus 2015
B.       Jam Pembelajaran/Pelayanan       : Jam Ke-3
C.       Volume Waktu(JP)                      : 40 menit
D.       SpesifikasiTempatBelajar :RuangKelas


 III.            MATERI PEMBELAJARAN
A.       Tema/Subtema                             : 1. Tema         :Mampubelajarsecara optimal
untukmenguasai program 
program di SMP
                                                            2. Subtema      :Kebiasaanbelajar yang baik
B.       SumberMateri                              :Bukupanduan

 IV.            TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.       Pengembangan KES                    : Agar siswamemahami/mampubelajarsecara
optimaluntukmenguasai program-program di SMP
B.       Penanganan KES-T                      :Untukmengurangi, menghindarkan/
menghilangkan, mencegahkejenuhanbelajar

    V.            METODE DAN TEKNIK
A.       JenisLayanan                                :LayananInformasi
B.       KegiatanPendukung                    : -

 VI.            SARANA
A.       Media                                           :Lcd
B.       Perlengkapan                                :Alattulis

VII.            SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN/PELAYANAN
A.    KES
1.      Acuan (A)                         :hal-hal yang perludiketahuikonselitentang
berbagaimacamcarabelajar
2.      Kompetensi (K)                :meningkatkanmotivasibelajar
3.      Usaha (U)                          :memanfaatkanberbagaimacam-macambelajar
untukmeningkatkanprestasibelajar
4.      Rasa (R)                            :senangdanmenikmatisertamengetahuikebiasaan
belajar
5.      Sungguh-sungguh (S)       :menikmatidanmempraktikandalampembelajaran

B.     KES-T, yaituterhindarnyakehidupanefekstifsehari-hari yang terganggudalamhal:
1.      MalasBelajar
2.      KejenuhanBelajar

C.    RidhoTuhan, Bersyukur, Ikhlas, danTabah
Melaluipendekatantransformatif BMB3 konselidiarahkanmemohonridhoTuhan Yang MahaEsauntukmencapaiapa yang diinginkan, bersyukurataskeberhasilannya, danikhlassertatawakaljikaada yang belumterpenuhisebagaimana yang diharapkandanterusberusahakerasuntukmencapainya.

VIII.            LANGKAH KEGIATAN
A.    LANGKAH PENGANTARAN
1.      Mengucapkansalamdanmengajaksiswaberdo’a
2.      Mengecekkehadiransiswa, danmengajakmerekaberempatikepadasiswa yang tidakhadir.
3.      Mengajakdanmembimbingsiswauntukmengikutikegiatanpembelajaran/pelayanandenganpenuhperhatian, semangatdanpenampilandenganmelakukankegiatanberpikir, merasa, bersikap, bertindakdanbertanggungjawab (BMB3).
4.      Melakukan Ice Breaking untukmencairkansuasana

B.     LANGKAH PENJAJAGAN
1.      Menanyakankepadasiswatentangdefinisibelajar
2.      Memintaresponsiswatentangdefinisibelajardancara/kebiasaanbelajar yang baik.
3.      Memintasiswamengemukakanpengalamantentangcarabelajarnyaselamaini
4.      Memberikanulasansecaraumumdanpenegasan-penegasanberkenaandenganmasukan/respon/pengalamansiswauntuknomor 1,2, dan 3 diatas.

C.    LANGKAH PENAFSIRAN
1.      Membahaskondisi/materi yang dikemukakansiswapadalangkahpenjajakandenganpenekanan-penekanantertentumengarahpadamateripokok.
2.      Siswadiberikesempatanuntukmenanyakanataumeresponmateri “kebiasaanbelajar yang baik” yang telah di jelaskan; pertanyaandanresponsiswatersebutdijawabdandiberikanulasansertapenegasan-penegasan yang diperlukan.

D.    LANGKAH PEMBINAAN
Berisikegiatanpenguraian, diskusi, pelatihanpengembangansikap, pengetahuan, danketrampilanmelaluistrategi transformative dengandinamika BMB3.
1.      Semuapesertadidikdimintauntukmembuatjadwalkegiatansehari-hariseorangsiswa SMP
2.      Memintasalahsatusiswauntukmempresentasikan/membacakanjadwalkegiatansehari-hari yang telahdibuatnyadihadapansiswalainnya
3.      Memberkankesempatanbagisiswa yang lain untukmenanggapi
4.      Mengakhirilayanandenganmemotivasibelajaruntuksiswa

E.     LANGKAH PENILAIAN TINDAK LANJUT
1.      PenilaianHasil
Di akhir proses pembelajaran/pelayanansiswadimintamerefleksikan (secaralisandanatautertulis) apa yang merekaperolehdenganpola BMB3 dalamunsur-unsur AKURS:
a.    Berfikir                   : Bagaimanasiswaberpikirtentangkebiasaanbelajar yang
                                    baik
b.   Merasa                    : Bagaimanaperasaansiswaberkenaandenganberbagai
                                    macamcarabelajar
c.    Bersikap                  : Apa yang siswainginkandanhendaklakukanberkenaan
                                    dengancara/kebiasaanbelajar yang baik
d.   Bertindak                : Pesertadidikmampumemilihcarabelajar yang sesuai
                                    dengandirinya
e.    Bertanggungjawab  : Bagaimanasiswabersungguh-sungguhdalambelajar
                                    denganmenggunakancara/kebiasaanbelajar yang sesuai
                                    dengandirinya
2.      Penilaian Proses
Melaluipengamatandilakukanpenilaian proses pembelajaran/pelayananuntukmemperolehgambarantentangaktivitassiswadanefektivitaspembelajaran/pelayanan yang telahdiselenggarakan.
3.      LAPELPROG danTindakLanjut
Setelahkegiatanpembelajaranataupelayananselesai, disusunlahLaporanPelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaianhasildan proses, dengandisertaiarahtindaklanjutnya.

                                                                                                           
Mengetahui,
KepalaSekolah                                                                                    Guru BK



RofieqIrhasLaela, S.Pd                                                             Nita DwiAstuti, S.Pd
NIP. 196204061986031018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar