RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
Mencapai Kematangan Pengembangan Pribadi
A.
Topik Bahasan :
Peminatan
di SMA
B.
Bidang Bimbingan : Pribadi
dan Sosial
C.
Jenis Layanan : Informasi,
Penempatan dan Penyaluran
D.
Format
Layanan : Bimbingan Klasikal
E.
Fungsi
Layanan : Pemahaman
dan Pengembangan
F.
Tujuan dan Hasil yang ingin dicapai :
1. Tujuan layanan : Setelah mendapatkan
layanan ini, diharapkan siswa dapat :
Mempersiapkan diri untuk penjurusan di SMA
2. Hasil yang ingin dicapai :
a. Memahami
alasan adanya penjurusan di SMA sehingga
dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin
b. Mengenal
kurikulum yang berlaku di sekolah agar dapat menyesuaikan diri dalam mengikuti
pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan
c. Mengenal
jurusan atau program studi di SMA agar dapat mempersiapkan diri untuk
penjurusan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
d. Mengenal struktur kurikulum yang berlaku di sekolah
sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMA
e. Memahami
persyaratan pemilihan jurusan atau program studi di SMA sehingga tidak salah
memilih jurusan / program studi yang ada
G.
Sasaran Layanan : X
IPS SMA Muhammadiyah
Godong
H.
Uraian
kegiatan:
No
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Nilai karakter
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Ucapan
salam
b.
Memimpin
doa dan mengabsen siswa
c.
Menjelaskan
tujuan materi
|
a.
Memperhatikan
dan mendengarkan
b.
Berpartisipasi
dalam permainan
c.
Mendengarkan
|
Santun
Peduli
Religius
Disiplin
|
8 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
a.
Memberikan
pengantar tentang materi
b.
Memberikan
suatu masalah tentang kasus-kasus atau pertanyaan belajar di sekolah
|
a.
Memperhatikan
guru
b.
Berdiskusi
c.
Menjawab
pertanyaan
|
Mandiri
Berfikir logis
Kreatif
Kerjasama
Rasa percaya diri
Kerja keras
|
30
Menit
|
|
Elaboras
a.
Memberikan
kesempatan untuk berfikir, menganalisis, dan menyelesaikan masalah
b.
Menginstruksikan
siswa untuk menyampaikan hasil diskusi
|
a.
Mengeluarkan
pendapat,
b.
Menyampaikan
jawaban atau pendapat
|
Kreatif
Logis
Percaya diri
Saling menghargai
Tanggung jawab
|
|
Konfirmasi
a.
Memberi
umpan balik dan penguatan terhadap siswa
b.
Memberikan
ulasan materi yang telah dibahas dalam kelas serta memberikan penguatan.
|
a.
Memperhatikan
dan mendengarkan guru
|
Saling menghargai
Percaya diri
Santun
Logis
Kritis
|
||
3.
|
Penutup
a.
Menyampaikan
kesimpulan pada kegiatan kali ini
b.
Melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan
c.
Mengakhiri
kegiatan dengan berdoa
|
a.
Memberi
kesimpulan sesuai pendapat siswa
b.
Mendengarkan
dan memperhatikan
|
Logis
Kritis
Jujur
Saling menghargai
Percaya diri
|
7 menit
|
I.
Materi Layanan : Terlampir
J.
Sumber Referensi : Buku Bimbingan dan Konseling Untuk SMA dan MA kelas X
K.
Metode : Ceramah dan tanya
jawab
L.
Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas X IPS SMA
Muhammadiyah Godong
M.
Tanggal Pelaksanaan : Juli Minggu ke 2
N.
Waktu / Semester : 45 menit
/ 1
O.
Penyelenggara Layanan : Guru BK
P.
Pihak yang Disertakan:
1.
Siswa
sebagai sasaran layanan
2.
Koordinator
BK sebagai penanggung jawab pelaksanaan layananan
Q. Alat dan Perlengkapan : Spidol, Papan Tulis, Tayangan Kehidupan Kampus / Data Perguruan
Tinggi
R.
Biaya : -
S.
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut :
1. Penilaian
proses:
a. Mengamati
sejauh mana antusias siswa dalam mengikuti layanan informasi, tentang
berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan etika kehidupan
b. Mengamati
siswa yang aktif bertanya
c. Mengobservasi
keseriusan siswa dalam mengikuti materi yang diajarkan
2. Penilaian
hasil :
a. Mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan (menggunakan
laiseg)
b. Menyampaikan
manfaat yang diperoleh dari materi yang telah disampaikan (menggunakan laiseg)
T.
Tindak lanjut:
a. Mengevaluasi
siswa tentang hasil yang diperoleh dari materi yang disampaikan
b. Memberikan
bimbingan kelompok bila diperlukan
c. Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan (menyesuaikan)
U.
Catatan Khusus :
Mengetahui Godong, Juli 2014
Kepala Sekolah Pengawas Guru Pembimbing
Suradi, S.Pd Suwarsih, S.Pd, M.Pd Nita Dwi Astuti,
S.Pd
NIK. NIP. NIP.-
Lampiran
PEMINATAN di SMA
A.
Mengapa
ada peminatan
Ada beberapa alasan yang dapat disampaikan
antara lain sebagai berikut:
1. Manusia
itu unik, ada kecenderungan persamaan dan perbedaan antara pribadi yang satu
dengan yang lain termasuk di dalam persamanaan dan perbedaan dalam hal bakat,
minat dan kemampuan.
2. Setiap
pribadi berhak menentukan pilihan, walaupun kadangkala alternatif pilihan yang
ada terbatas jumlahnya.
3. Sudah
semakin mendekatnya waktu untuk memasuki pergururan tinggi dan dunia kerja,
dimana pada saat itu kita harus memiliki spesialisasi program studi tertentu
atau pekerjaan tertentu.
4. Secara
formal program pemilihan jurusan adalah ketentuan yang ditetapkan oleh
pemerintah melalui kurikulun yang berlaku.
B.
Mengenal
Kurikulum
Beberapa pengertian sebagai konsep dasar
kurikulum antara lain adalah:
1. Pendidikan
berbasis kompetensi bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang menguasai
seperangkat kompetensi yang bermanfaat bagi kehidupan.
2. Kompetensi
adalah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam
kebiasaan dalam berpikir dan bertindak
3. Standar
kompetensi adalah pernyataan tentang kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam
mempelajari suatu mata pelajaran.
4. Kompetensi
dasar adalah kompetensi minimal yang mencakup pengetahuan (kognitif),
keterampilan (psikomotorik), sikap dan nilai (afektif) yang harus dicapai siswa
pada bagian tertentu dari suatu mata pelajaran
5.
Kurikulum
yang berlaku adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang
dibakukan dan cara penyampaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan
daerah/sekolah
C. Jurusan
atau Program Studi
Adapun di kelas XI dan XII jurusan atau
program studi yang diberlakukan sudah disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.
Ada tiga program studi di SMA yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa.
D. Persyaratan
pemilihan jurusan
Pemilihan jurusan sangat terkait dengan
studi atau karier setelah SMA, cita-cita dan masa depan. Ada beberapa hal yang berperan penting dalam
pemilihan jurusan yaitu:
1.
Minat
Minat merupakan
hal penting dalam memilih jurusan, karena cita-cita akan lebih terarah bila
dilakukan dengan minat.
2.
Prestasi
Belajar
Prestasi
belajar adalah bukti yang paling terukur untuk melihat minat seorang siswa.
Untuk memilih suatu jurusan baik IPA, IPS atau Bahasa nilai mata pelajaran ciri
khas tidak boleh dibawah Kompetensi Ketuntasan Minimal.
3.
Hasil
Tes Psikologi
Hasil test
psikologi atau psikotes akan membantu memberi gambaran tentang jurusan mana
yang disarankan untuk dipilih. Hendaknya para siswa mengikuti tes psikologi
dengan seksama dan jujur agar hasilnya dapat memberi gambaran yang lebih tepat.
4.
Penentuan
dari sekolah
Selain itu
pemilihan jurusan juga tidak lepas dari penentuan dari sekolah. Pemilihan
jurusan disesuaikan dengan daya tampung yang disediakan oleh sekolah, sehingga
dalam hal ini sekolah berpartisipasi dalam menentukan memilihan jurusan.
Sumber:
Mulyaningtyas, Renita dan Yusup P. 2006. Bimbingan
dan Konseling SMA. Jakarta:
Erlangga
MANTAP BU HASIL YG IBU KERJAKAN MEMBUAT SEMANGAT BAGI PARA GURU DI SELURUH PELOSOK.....
BalasHapus