Sabtu, 27 Desember 2014

RPBK K13 SMA X



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Mencapai  Kematangan Pengembangan Pribadi

A.    Topik Bahasan                 : Peminatan di SMA
B.     Bidang Bimbingan          : Pribadi dan Sosial
C.     Jenis Layanan                  : Informasi, Penempatan dan Penyaluran
D.    Format Layanan              : Bimbingan Klasikal
E.     Fungsi Layanan                : Pemahaman dan Pengembangan
F.      Tujuan dan Hasil yang ingin dicapai :
1.      Tujuan layanan : Setelah mendapatkan layanan ini, diharapkan siswa dapat :
Mempersiapkan diri untuk penjurusan di SMA

2.      Hasil yang ingin dicapai :
a.       Memahami alasan adanya penjurusan di SMA  sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin
b.      Mengenal kurikulum yang berlaku di sekolah agar dapat menyesuaikan diri dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan
c.       Mengenal jurusan atau program studi di SMA agar dapat mempersiapkan diri untuk penjurusan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
d.      Mengenal struktur kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMA
e.       Memahami persyaratan pemilihan jurusan atau program studi di SMA sehingga tidak salah memilih jurusan / program  studi yang ada

G.    Sasaran Layanan              : X IPS SMA Muhammadiyah Godong
H.    Uraian kegiatan:
No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Nilai karakter
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.         Ucapan salam
b.         Memimpin doa dan mengabsen siswa
c.         Menjelaskan tujuan materi


a.    Memperhatikan dan mendengarkan
b.    Berpartisipasi dalam permainan
c.    Mendengarkan

Santun
Peduli
 Religius
 Disiplin

8 menit
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
a.         Memberikan pengantar tentang materi
b.         Memberikan suatu masalah tentang kasus-kasus atau pertanyaan belajar di sekolah


a.    Memperhatikan guru
b.    Berdiskusi
c.    Menjawab pertanyaan


Mandiri
Berfikir logis
Kreatif
Kerjasama
Rasa percaya diri
Kerja keras


30    Menit

Elaboras
a.         Memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, dan menyelesaikan masalah
b.         Menginstruksikan siswa untuk menyampaikan hasil diskusi

a.         Mengeluarkan pendapat,
b.         Menyampaikan jawaban atau pendapat

Kreatif
Logis
Percaya diri
Saling menghargai
Tanggung jawab

Konfirmasi
a.         Memberi umpan balik dan penguatan terhadap siswa
b.         Memberikan ulasan materi yang telah dibahas dalam kelas serta memberikan penguatan.

a.         Memperhatikan dan mendengarkan guru

Saling menghargai
Percaya diri
Santun
Logis
Kritis
3.
Penutup
a.         Menyampaikan kesimpulan pada kegiatan kali ini
b.         Melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
c.         Mengakhiri kegiatan dengan berdoa

a.    Memberi kesimpulan sesuai pendapat siswa
b.    Mendengarkan dan memperhatikan

Logis
Kritis
Jujur
Saling menghargai
Percaya diri

7 menit

I.       Materi Layanan                : Terlampir
J.       Sumber Referensi             : Buku Bimbingan dan Konseling Untuk SMA dan MA kelas X
K.    Metode                            : Ceramah dan tanya jawab
L.     Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas X IPS SMA Muhammadiyah Godong
M.   Tanggal Pelaksanaan        : Juli Minggu ke 2
N.    Waktu / Semester             : 45 menit / 1
O.    Penyelenggara Layanan   : Guru BK
P.      Pihak yang Disertakan:
1.      Siswa sebagai sasaran layanan
2.      Koordinator BK sebagai penanggung jawab pelaksanaan layananan
Q.    Alat dan Perlengkapan : Spidol, Papan Tulis, Tayangan Kehidupan Kampus / Data    Perguruan Tinggi
R.     Biaya : -
S.      Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut :
1.      Penilaian proses:
a.       Mengamati sejauh mana antusias siswa dalam mengikuti layanan informasi, tentang berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan etika kehidupan
b.      Mengamati siswa yang aktif bertanya
c.       Mengobservasi keseriusan siswa dalam mengikuti materi yang diajarkan
2.      Penilaian hasil :
a.       Mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan (menggunakan laiseg)
b.      Menyampaikan manfaat yang diperoleh dari materi yang telah disampaikan (menggunakan laiseg)
T.      Tindak lanjut:
a.       Mengevaluasi siswa tentang hasil yang diperoleh dari materi yang disampaikan
b.      Memberikan bimbingan kelompok bila diperlukan
c.       Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan (menyesuaikan)
U.    Catatan Khusus :


Mengetahui                                                                                         Godong,           Juli 2014
Kepala Sekolah                                    Pengawas                                Guru Pembimbing      
                                                                          



 Suradi, S.Pd                                      Suwarsih, S.Pd, M.Pd           Nita Dwi Astuti, S.Pd
 NIK.                                                   NIP.                                        NIP.-



Lampiran
PEMINATAN di SMA

A.    Mengapa ada peminatan
      Ada beberapa alasan yang dapat disampaikan antara lain sebagai berikut:
1.      Manusia itu unik, ada kecenderungan persamaan dan perbedaan antara pribadi yang satu dengan yang lain termasuk di dalam persamanaan dan perbedaan dalam hal bakat, minat dan kemampuan.
2.      Setiap pribadi berhak menentukan pilihan, walaupun kadangkala alternatif pilihan yang ada terbatas jumlahnya.
3.      Sudah semakin mendekatnya waktu untuk memasuki pergururan tinggi dan dunia kerja, dimana pada saat itu kita harus memiliki spesialisasi program studi tertentu atau pekerjaan tertentu.
4.      Secara formal program pemilihan jurusan adalah ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui kurikulun yang berlaku.

B.     Mengenal Kurikulum
      Beberapa pengertian sebagai konsep dasar kurikulum antara lain adalah:
1.      Pendidikan berbasis kompetensi bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang menguasai seperangkat kompetensi yang bermanfaat bagi kehidupan.
2.      Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan dalam berpikir dan bertindak
3.      Standar kompetensi adalah pernyataan tentang kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari suatu mata pelajaran.
4.      Kompetensi dasar adalah kompetensi minimal yang mencakup pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), sikap dan nilai (afektif) yang harus dicapai siswa pada bagian tertentu dari suatu mata pelajaran
5.      Kurikulum yang berlaku adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan dan cara penyampaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah/sekolah

C.     Jurusan atau Program Studi
      Adapun di kelas XI dan XII jurusan atau program studi yang diberlakukan sudah disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Ada tiga program studi di SMA yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa.

D.     Persyaratan pemilihan jurusan
      Pemilihan jurusan sangat terkait dengan studi atau karier setelah SMA, cita-cita dan masa depan. Ada beberapa hal yang berperan penting dalam pemilihan jurusan yaitu:
1.      Minat
Minat merupakan hal penting dalam memilih jurusan, karena cita-cita akan lebih terarah bila dilakukan dengan minat.
2.      Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah bukti yang paling terukur untuk melihat minat seorang siswa. Untuk memilih suatu jurusan baik IPA, IPS atau Bahasa nilai mata pelajaran ciri khas tidak boleh dibawah Kompetensi Ketuntasan Minimal.
3.      Hasil Tes Psikologi
Hasil test psikologi atau psikotes akan membantu memberi gambaran tentang jurusan mana yang disarankan untuk dipilih. Hendaknya para siswa mengikuti tes psikologi dengan seksama dan jujur agar hasilnya dapat memberi gambaran yang lebih tepat.
4.      Penentuan dari sekolah
Selain itu pemilihan jurusan juga tidak lepas dari penentuan dari sekolah. Pemilihan jurusan disesuaikan dengan daya tampung yang disediakan oleh sekolah, sehingga dalam hal ini sekolah berpartisipasi dalam menentukan memilihan jurusan.

Sumber: Mulyaningtyas, Renita dan Yusup P. 2006. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Erlangga
 







1 komentar:

  1. MANTAP BU HASIL YG IBU KERJAKAN MEMBUAT SEMANGAT BAGI PARA GURU DI SELURUH PELOSOK.....

    BalasHapus