SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
MTs
MUHAMMADIYAH KASIHAN
A. Topik Bahasan :
Mampu belajar secara optimal untuk
menguasai program – program di MTs
B. Sub Topik Bahasan :
Kebiasaan belajar yang baik
C. Bidang
Bimbingan :
Bimbingan Belajar
D. Jenis Layanan :
Pembelajaran
E. Fungsi
Layanan :
Pemahaman
F.
Tujuan Layanan :
Agar siswa memperoleh pemahaman tentang
kebiasaan belajar yang baik
G. Tugas
Perkembangan : Mampu
belajar secara optimal
H. Rumusan
Kompetensi : mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan
sesuai dengan kebutuhannya untuk
melanjutkan pelajaran dan
mempersiapkan karir dan berperan aktif dalam
kehidupan
I. Metode :
Reading Guide
J. Strategi Layanan :
Klasikal
K. Sasaran Layanan :
Siswa kelas VII
L. Materi Layanan :
1.
Pengertian Belajar
2.
Macam-macam cara belajar
M. Uraian Kegiatan :
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI
WAKTU
|
Pembukaan
|
a.
Guru pembimbing menata dan mengondisikan kelas untuk
pembelajaran
b. Guru
pembimbing menyampaikan tujuan layanan
|
10 menit
|
Inti
|
a.
Siswa
dibagi menjadi 14 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang
b.
Setiap
kelompok menerima satu teks materi yang berjudul kebiasaan belajar yang baik
c.
Siswa
diberikan waktu ± 15 menit untuk membaca teks yang telah dibagikan
d.
Siswa
mengembalikan teks bacaan tentang kebiasaan belajar yang baik kepada guru
pembimbing
e.
Setiap
siswa menerima lembar Guide Teks
f.
Siswa
diberikan waktu ± 20 menit untuk mengisi atau melanjutkan guide teks yang
telah dibagikan
g.
Setiap
kelompok harus mempersiapkan perwakilan satu orang untuk membacakan guide
teks yang telah diisi, dihadapan siswa lainnya
h.
Guru
pembimbing menarik lembar guide teks siswa
i.
Guru
pembimbing mengklarifikasi setiap jawaban siswa
|
|
Penutup
|
a.
Guru
pembimbing menugaskan siswa untuk membuatkan/menyusun jadwal kegiatan sehari-hari,
dan dikumpulkan dihari berikutnya
b.
Siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan
c.
Guru pembimbing melakukan penilaian segera kepada siswa
|
10 menit
|
N. Tempat Layanan :
Masjid
O. Waktu/Semester :
2
x 40 Menit/Semester Ganjil
P. Hari/Tanggal : Kamis,
26 September 2013
Q. Pelaksana :
Praktikan
R. Pihak yang Berperan Serta : Guru pembimbing
S. Alat-alat Perlengkapan :
Buku Sumber : Mulyatiningsih,
Rudi, dkk. 2004. Bimbingan
Pribadi-Sosial,
Belajar, dan
Karir. Jakarta : Grasindo,
T. Media
: - Teks tentang
kebiasaan belajar yang baik
-
Guide
teks tentang kebiasaan belajar yang baik
U. Rencana
Penilaian :
Laiseg
V. Rencana
Tindak Lanjut :
Pemberian bimbingan kelompok bagi siswa
yang belum paham
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Ma’ruf Yuniarno,S.Pd,I.M.A
NIP. 198206092005011002
|
|
Yogyakarta, 22 September 2013
Praktikan,
Nita Dwi Astuti
NPM. 10144200246
|
KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK
A. PENGERTIAN
BELAJAR
Tugas utama pelajar adalah belajar. Belajar adalah
serangkaian kegiatan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai
hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Kegiatan
belajar dapat dilakukan di sekolah ataupun dirumah.
Setiap individu mempunyai kebiasaan belajar yang
berbeda-beda dalam belajar. Kebiasaan belajar seorang individu sangat
menentukan hasil prestasinya.
B. MACAM-MACAM
CARA BELAJAR
1.
Membuat
Ringkasan
Setelah bahan pelajaran selesai dibaca dan dipahami
isinya, maka kalian dapat membuat ringkasan yang menarik agar mudah dimengerti.
a. Membuat catatan didalam kertas kecil atau disebut
dengan “jembatan keledai”.
Sehingga jika
kalian ingin membaca dapat dilakukan tanpa membawa buku catatan dan lebih
praktis.
b. Membaca bagian yang dianggap penting dengan member
tanda warna-warna yang menarik atau dengan stabilo.
2.
Menghafal
Dengan belajar
berulang-ulang sehingga siswa dapat memahaminya.
3.
Konsentrasi
Dengan cara
memperhatikan apa yang kalian kerjakan antara lain:
a. Melakukan kebiasaan rutin
b. Hindari gangguan teman atau keramaian sehingga dapat
lebih memperhatikan
c. Hindari melamun dan jauhi pemandangan yang hilir mudik
d. Niat dalam belajar
4.
Menambah
motivasi didalam diri dan memahami akan kebutuhan untuk hidup yang lebih maju
sehingga dengan menyadari kebutuhan belajar siswa akan mempunyai kematangan
emosi.
5.
Membuat jadwal
kegiatan sehari-hari
Dengan membuat
jadwal kegiatan sehari-hari, kalian akan mudah dalam mengatur waktu belajar,
sehingga kalian dapat belajar secara rutin dan terjadwal. Kalian harus dapat
membagi waktu belajar dengan kegiatan lain yang kurang bermanfaat. Misalnya:
menonton tv, dan main game.
Contoh jadwal kegiatan sehari-hari seorang
siswa SMP/MTs:
Keterangan:
X = Waktu untuk belajar di sekolah
O = Waktu bebas untuk melakukan
macam-macam kegiatan
Belajar = Belajar disini mencakup mengerjakan PR,
mengulang pelajaran hari ini, dan
mempersiapkan pelajaran hari esok.
Dari beberapa
contoh cara belajar ini diharapkan siswa
dapat mencoba atau memilih cara belajar yang sesuai dengan dirinya dan berhasil
dalam KBM dan mendapat prestasi yang memuaskan dijenjang pendidikan
selanjutnya.
PENILAIAN
KEBERHASILAN
LAYANAN BK
Kelas/Semester : VII/Semester Ganjil
Topik : Mampu belajar secara optimal untuk
menguasai program-
program di MTs
Sub Topik Bahasan : Kebiasaan belajar yang baik
Penilaian :
Laiseg
Siswa diberikan evaluasi
dengan member tugas untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari!
Teks
Guide
Pengertian
Belajar
Macam-macam
cara
belajar
Cara
membuat ringkasan
PEDOMAN PENGAMATAN KEAKTIFAN
DAN PERHATIAN SISWA KETIKA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VII A
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
AAN KURNIAWAN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
11
|
2
|
ADHI PUTRA
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
14
|
3
|
ADI KURNIAWAN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
11
|
4
|
ADITIYA FEBRIANA
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
14
|
5
|
AFAN SUBEKTI
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
6
|
ANIS MARLINA
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
13
|
7
|
APRILIA HERMAWATI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
8
|
ARDI CAHYO WIBOWO
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
13
|
9
|
BAYU ADRIYANTO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
11
|
10
|
FITRIYANTI
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
11
|
HARI GUNAWAN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
12
|
HUDI ASRORI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
13
|
KRISTINA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
14
|
LANJAR MUKTI WIBOWO
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
11
|
15
|
MUH NURYANTONI
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
13
|
16
|
MUH ROYAK TOYYIBI
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
17
|
NUR ASIAN DEWANTI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
18
|
PARDIYANTO
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
19
|
RENGGA ARDIYANSYAH
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
13
|
20
|
RIKKI NURJIANTO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
21
|
RIZA ISMAWANTO
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
13
|
22
|
SAFIRA AQIDATUN AISYIYAH
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
13
|
23
|
SANTI INDRIYANTI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
24
|
SEFTIAN DWI PURWANTO
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
13
|
25
|
SOLEHUDIN
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
13
|
26
|
SHAHITA SHAFNA S
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
27
|
SHINTIA AYU RAMADHANTI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
28
|
TITA MAHARANI SETIAWAN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
29
|
TITAH ASTA NUFIKA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
30
|
TRI NUR YANTO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
11
|
31
|
VARASDATUL SOLOQIN
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
32
|
VINA LISTIANI MUNAWAROH
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
11
|
33
|
YANTORO
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
14
|
34
|
YUSUF ARDI RADAWA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Keterangan:
1 = Aspek mengikuti
pelajaran
2 = Aspek perhatian selama
proses pembelajaran
3 = Aspek keaktifan dalam
kerjasama kelompok
4 = Aspek kecepatan dalam
mengerjakan tugas
5 = Aspek ketepatan dalam
mengerjakan tugas
Nilai skala:
1= Sangat baik 3= Cukup 5= Sangat buruk
2= Baik 4= Buruk
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Ma’ruf
Yuniarno,S.Pd,I.M.A
NIP. 198206092005011002
|
|
Yogyakarta, 22 September 2013
Praktikan,
Nita Dwi Astuti
NPM. 10144200246
|
PEDOMAN PENGAMATAN KEAKTIFAN
DAN PERHATIAN SISWA KETIKA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VII B
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
ARI ARDIYANTO EKO S
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
2
|
ARI ARUM PRIYONO
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
3
|
ARI YOGA PRATAMA
|
||||||
4
|
ARUM DIAH AYU AGITA P
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
5
|
ATHIKOTUN NAFIAH
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
6
|
BASKORO
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
7
|
CANDRA NUR CAHYA
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
14
|
8
|
DANI KURNIAWAN
|
||||||
9
|
DIMAS ARI YULIANTO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
10
|
DWI LESTARI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
11
|
EKO FENDIANTO
|
||||||
12
|
ENGGAR KELIK P
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
13
|
ERNI NUR HIDAYAH
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
14
|
FADEL ALIEF NUGROHO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
15
|
FIKTRIA EKA FEBRIYANTI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
16
|
GALIH WISNU SAPUTRA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
17
|
IVAN FAUJI RAHMANDANI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
18
|
KELVIN RUSRICO CRIPTON W
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
19
|
KUAT PRASETYO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
20
|
NUR CHOLIFAH
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
21
|
NUR SHOLIKHAH
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
22
|
OKY SETIAWAN
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
14
|
23
|
PURJIYANTO
|
|
|
|
|
|
|
24
|
RENDI AKBAR TRIMAWAN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
25
|
RIA WAHYUNINGRUM
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
26
|
RIDWAN PURWANTO
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
27
|
RIZKI FAUZI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
28
|
SAHIT MUNIR
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
12
|
29
|
SEPTIASIH
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
30
|
SYAHRUL ALFIANTO
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
31
|
TRI INDAH YULIANTI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
32
|
TRI KOMANG WIJI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
33
|
VINDA NUR ANISA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
34
|
YULININGSIH
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
35
|
YULITA ANGGRAENI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Keterangan:
1 = Aspek mengikuti
pelajaran
2 = Aspek perhatian selama
proses pembelajaran
3 = Aspek keaktifan dalam
kerjasama kelompok
4 = Aspek kecepatan dalam
mengerjakan tugas
5 = Aspek ketepatan dalam
mengerjakan tugas
Nilai skala:
1= Sangat baik 3= Cukup 5= Sangat buruk
2= Baik 4= Buruk
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Ma’ruf Yuniarno,S.Pd,I.M.A
NIP. 198206092005011002
|
|
Yogyakarta, 22 September 2013
Praktikan,
Nita Dwi Astuti
NPM. 10144200246
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar