Kamis, 10 Oktober 2013

Satlan Bimbingan Belajar

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
MTs MUHAMMADIYAH KASIHAN
A.    Topik Bahasan                             : Mampu belajar secara optimal untuk
            menguasai program  – program di MTs
B.     Sub Topik Bahasan                      : Kebiasaan belajar yang baik
C.     Bidang Bimbingan                        : Bimbingan Belajar
D.    Jenis Layanan                              : Pembelajaran
E.     Fungsi Layanan                           : Pemahaman
F.      Tujuan Layanan                          : Agar siswa memperoleh pemahaman tentang
           kebiasaan belajar yang baik
G.    Tugas Perkembangan                    : Mampu belajar secara optimal
H.    Rumusan Kompetensi                   : mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan
           sesuai  dengan kebutuhannya untuk
           melanjutkan pelajaran dan
           mempersiapkan karir dan berperan aktif dalam   
           kehidupan
I.       Metode                                      : Reading Guide

J.       Strategi Layanan                         : Klasikal
K.    Sasaran Layanan                          : Siswa kelas VII
L.     Materi Layanan                           :
1.            Pengertian Belajar
2.            Macam-macam cara belajar
M.   Uraian Kegiatan                          :
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Pembukaan


a.       Guru pembimbing menata dan mengondisikan kelas untuk pembelajaran
b.      Guru pembimbing menyampaikan tujuan layanan
10 menit
Inti
a.    Siswa dibagi menjadi 14 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang
b.    Setiap kelompok menerima satu teks materi yang berjudul kebiasaan belajar yang baik
c.    Siswa diberikan waktu ± 15 menit untuk membaca teks yang telah dibagikan
d.   Siswa mengembalikan teks bacaan tentang kebiasaan belajar yang baik kepada guru pembimbing
e.    Setiap siswa menerima lembar Guide Teks
f.     Siswa diberikan waktu ± 20 menit untuk mengisi atau melanjutkan guide teks yang telah dibagikan
g.    Setiap kelompok harus mempersiapkan perwakilan satu orang untuk membacakan guide teks yang telah diisi, dihadapan siswa lainnya
h.    Guru pembimbing menarik lembar guide teks siswa
i.      Guru pembimbing mengklarifikasi setiap jawaban siswa


Penutup
a.       Guru pembimbing menugaskan siswa untuk membuatkan/menyusun jadwal kegiatan sehari-hari, dan dikumpulkan dihari berikutnya
b.      Siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan
c.       Guru pembimbing melakukan penilaian segera kepada siswa
10 menit

N.    Tempat Layanan                           : Masjid
O.    Waktu/Semester                            : 2 x 40 Menit/Semester Ganjil
P.      Hari/Tanggal                                 : Kamis, 26 September 2013
Q.    Pelaksana                                      : Praktikan
R.     Pihak yang Berperan Serta            : Guru pembimbing
S.      Alat-alat Perlengkapan                  : Buku Sumber : Mulyatiningsih,
 Rudi, dkk. 2004. Bimbingan Pribadi-Sosial,
 Belajar, dan Karir. Jakarta : Grasindo,
T.      Media                                            : -    Teks tentang kebiasaan belajar yang baik
-          Guide teks tentang kebiasaan belajar yang baik
U.    Rencana Penilaian                         : Laiseg
V.    Rencana Tindak Lanjut                 : Pemberian bimbingan kelompok bagi siswa
 yang belum paham

Mengetahui,
Guru Pembimbing


Ma’ruf Yuniarno,S.Pd,I.M.A
NIP. 198206092005011002

Yogyakarta, 22 September 2013
Praktikan,


Nita Dwi Astuti
NPM. 10144200246
KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK
A.    PENGERTIAN BELAJAR
Tugas utama pelajar adalah belajar. Belajar adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Kegiatan belajar dapat dilakukan di sekolah ataupun dirumah.
Setiap individu mempunyai kebiasaan belajar yang berbeda-beda dalam belajar. Kebiasaan belajar seorang individu sangat menentukan hasil prestasinya.

B.     MACAM-MACAM CARA BELAJAR
1.         Membuat Ringkasan
Setelah bahan pelajaran selesai dibaca dan dipahami isinya, maka kalian dapat membuat ringkasan yang menarik agar mudah dimengerti.
a.       Membuat catatan didalam kertas kecil atau disebut dengan “jembatan keledai”.
Sehingga jika kalian ingin membaca dapat dilakukan tanpa membawa buku catatan dan lebih praktis.
b.      Membaca bagian yang dianggap penting dengan member tanda warna-warna yang menarik atau dengan stabilo.
2.         Menghafal
Dengan belajar berulang-ulang sehingga siswa dapat memahaminya.
3.         Konsentrasi
Dengan cara memperhatikan apa yang kalian kerjakan antara lain:
a.       Melakukan kebiasaan rutin
b.      Hindari gangguan teman atau keramaian sehingga dapat lebih memperhatikan
c.       Hindari melamun dan jauhi pemandangan yang hilir mudik
d.      Niat dalam belajar
4.         Menambah motivasi didalam diri dan memahami akan kebutuhan untuk hidup yang lebih maju sehingga dengan menyadari kebutuhan belajar siswa akan mempunyai kematangan emosi.
5.         Membuat jadwal kegiatan sehari-hari
Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, kalian akan mudah dalam mengatur waktu belajar, sehingga kalian dapat belajar secara rutin dan terjadwal. Kalian harus dapat membagi waktu belajar dengan kegiatan lain yang kurang bermanfaat. Misalnya: menonton tv, dan main game.
     Contoh jadwal kegiatan sehari-hari seorang siswa SMP/MTs:
Keterangan:
X              = Waktu untuk belajar di sekolah
O              = Waktu bebas untuk melakukan macam-macam kegiatan
Belajar      = Belajar disini mencakup mengerjakan PR, mengulang pelajaran hari ini, dan  mempersiapkan pelajaran hari esok.
Dari beberapa contoh cara belajar ini diharapkan  siswa dapat mencoba atau memilih cara belajar yang sesuai dengan dirinya dan berhasil dalam KBM dan mendapat prestasi yang memuaskan dijenjang pendidikan selanjutnya.




PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK

Kelas/Semester            : VII/Semester Ganjil
Topik                           : Mampu belajar secara optimal untuk menguasai program-
  program di MTs
Sub Topik Bahasan     : Kebiasaan belajar yang baik
Penilaian                      : Laiseg

Siswa diberikan evaluasi dengan member tugas untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari!





Teks Guide

 


Pengertian Belajar






Macam-macam
cara belajar














Cara membuat ringkasan



PEDOMAN PENGAMATAN KEAKTIFAN DAN PERHATIAN SISWA KETIKA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VII A
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
1
2
3
4
5
1
AAN KURNIAWAN
2
2
2
2
3
11
2
ADHI PUTRA
3
2
3
3
3
14
3
ADI KURNIAWAN
2
2
2
2
3
11
4
ADITIYA FEBRIANA
3
2
2
3
3
14
5
AFAN SUBEKTI
2
2
2
3
3
12
6
ANIS MARLINA
2
2
3
3
3
13
7
APRILIA HERMAWATI
2
2
2
2
2
10
8
ARDI CAHYO WIBOWO
2
3
2
3
3
13
9
BAYU ADRIYANTO
2
2
2
2
3
11
10
FITRIYANTI
2
2
2
3
3
12
11
HARI GUNAWAN
2
2
2
2
2
10
12
HUDI ASRORI
2
2
2
2
2
10
13
KRISTINA
2
2
2
2
2
10
14
LANJAR MUKTI WIBOWO
2
2
2
3
2
11
15
MUH NURYANTONI
3
2
2
3
3
13
16
MUH ROYAK TOYYIBI
2
2
2
3
3
12
17
NUR ASIAN DEWANTI
2
2
2
2
2
10
18
PARDIYANTO
3
3
3
3
3
15
19
RENGGA ARDIYANSYAH
2
3
2
3
3
13
20
RIKKI NURJIANTO
2
2
2
2
2
10
21
RIZA ISMAWANTO
3
2
2
3
3
13
22
SAFIRA AQIDATUN AISYIYAH
2
3
2
3
3
13
23
SANTI INDRIYANTI
2
2
2
2
2
10
24
SEFTIAN DWI PURWANTO
2
3
2
3
3
13
25
SOLEHUDIN
2
3
2
3
3
13
26
SHAHITA SHAFNA  S
2
2
2
2
2
10
27
SHINTIA AYU RAMADHANTI
2
2
2
2
2
10
28
TITA MAHARANI SETIAWAN
2
2
2
2
2
10
29
TITAH ASTA NUFIKA
2
2
2
2
2
10
30
TRI NUR YANTO
2
2
2
2
3
11
31
VARASDATUL SOLOQIN
2
2
2
3
3
12
32
VINA LISTIANI MUNAWAROH
2
2
2
3
2
11
33
YANTORO
2
3
3
3
3
14
34
YUSUF ARDI RADAWA
2
2
2
2
2
10



Keterangan:
1 = Aspek mengikuti pelajaran
2 = Aspek perhatian selama proses pembelajaran
3 = Aspek keaktifan dalam kerjasama kelompok
4 = Aspek kecepatan dalam mengerjakan tugas
5 = Aspek ketepatan dalam mengerjakan tugas
Nilai skala:
1= Sangat baik            3= Cukup        5= Sangat buruk
2= Baik                       4= Buruk

Mengetahui,
Guru Pembimbing


Ma’ruf Yuniarno,S.Pd,I.M.A
NIP. 198206092005011002

Yogyakarta, 22 September 2013
Praktikan,


Nita Dwi Astuti
NPM. 10144200246

                                                                                   



PEDOMAN PENGAMATAN KEAKTIFAN DAN PERHATIAN SISWA KETIKA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VII B
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
1
2
3
4
5
 1
ARI ARDIYANTO EKO S
2
2
2
2
2
10
2
ARI ARUM PRIYONO
2
2
2
3
3
12
3
ARI YOGA PRATAMA
4
ARUM DIAH AYU AGITA P
2
2
2
2
2
10
5
ATHIKOTUN NAFIAH
2
2
2
2
2
10
6
BASKORO
2
2
2
3
3
12
7
CANDRA NUR CAHYA
3
3
2
3
3
14
8
DANI KURNIAWAN
9
DIMAS ARI YULIANTO
2
2
2
2
2
10
10
DWI LESTARI
2
2
2
2
2
10
11
EKO FENDIANTO
12
ENGGAR KELIK P
2
2
2
2
2
10
13
ERNI NUR HIDAYAH
2
2
2
2
2
10
14
FADEL ALIEF NUGROHO
2
2
2
2
2
10
15
FIKTRIA EKA FEBRIYANTI
2
2
2
2
2
10
16
GALIH WISNU SAPUTRA
2
2
2
2
2
10
17
IVAN FAUJI RAHMANDANI
2
2
2
2
2
10
18
KELVIN RUSRICO CRIPTON W
2
2
2
2
2
10
19
KUAT PRASETYO
2
2
2
2
2
10
20
NUR CHOLIFAH
2
2
2
3
3
12
21
NUR SHOLIKHAH
2
2
2
2
2
10
22
OKY SETIAWAN
2
2
3
3
3
14
23
PURJIYANTO






24
RENDI AKBAR TRIMAWAN
2
2
2
2
2
10
25
RIA WAHYUNINGRUM
2
2
2
2
2
10
26
RIDWAN PURWANTO
2
2
2
2
2
10
27
RIZKI FAUZI
2
2
2
2
2
10
28
SAHIT MUNIR
2
2
2
3
3
12
29
SEPTIASIH
2
2
2
2
2
10
30
SYAHRUL ALFIANTO
3
3
3
3
3
15
31
TRI INDAH YULIANTI
2
2
2
2
2
10
32
TRI KOMANG WIJI
2
2
2
2
2
10
33
VINDA NUR ANISA
2
2
2
2
2
10
34
YULININGSIH
2
2
2
2
2
10
35
YULITA ANGGRAENI
2
2
2
2
2
10


Keterangan:
1 = Aspek mengikuti pelajaran
2 = Aspek perhatian selama proses pembelajaran
3 = Aspek keaktifan dalam kerjasama kelompok
4 = Aspek kecepatan dalam mengerjakan tugas
5 = Aspek ketepatan dalam mengerjakan tugas
Nilai skala:
1= Sangat baik            3= Cukup        5= Sangat buruk
2= Baik                       4= Buruk

Mengetahui,
Guru Pembimbing


Ma’ruf Yuniarno,S.Pd,I.M.A
NIP. 198206092005011002

Yogyakarta, 22 September 2013
Praktikan,


Nita Dwi Astuti
NPM. 10144200246


Tidak ada komentar:

Posting Komentar