SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
MTs
MUHAMMADIYAH KASIHAN
A. Topik Bahasan :
Mengendalikan dan mengarahkan emosi
B. Sub Topik Bahasan :
Cara mengendalikan dan mengarahkan
emosi
C. Bidang
Bimbingan :
Bimbingan Pribadi dan sosial
D. Jenis Layanan :
Pembelajaran
E. Fungsi
Layanan :
Pemahaman
F.
Tujuan Layanan :
Siswa mampu memahami dan mengerti
cara
mengelola emosi
G. Tugas
Perkembangan : Mempersiapkan
diri agar dapat
mengendalikan dan mengarahkan emosi
supaya dapat selalu bersikap positif
H. Rumusan
Kompetensi : Memahami dan mengerti bagaimana cara
mengendalikan
emosi, serta mengarahkan
dalam sikap yang positif
I. Metode :
Diskusi
J. Strategi Layanan :
Klasikal
K. Sasaran Layanan :
Siswa kelas VII
L. Materi Layanan :
1.
Pengertian emosi
2.
Macam-macam emosi
3.
Cara mengendalikan emosi
M. Uraian Kegiatan :
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI
WAKTU
|
Pembukaan
|
a.
Guru pembimbing mengucapkan salam dan doa
b. Guru
pembimbing melakukan
presensi
c. Guru
pembimbing meminta siswa untuk membuat kelompok
d. Guru
pembimbing mempersiapkan kelas untuk pembelajaran
e. Guru pembimbing menyampaikan
tujuan layanan
|
10 menit
|
Inti
|
a.
Apersepsi :
Guru
pembimbing melakukan tanya jawab kepada siswa tentang emosi, meliputi sejauh mana
siswa mengerti tentang emosi
b.
Guru pembimbing menjelaskan tentang pengertian
emosi, macam-macamnya, serta bagaimana cara mengendalikannya
c. Guru
pembimbing melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi yang telah
dibahas
d. Guru
pembimbing membagikan amplop yang berisi pertanyaan
e. Guru
pembimbing memberi instruksi agar siswa membuka amplop yang telah diterima
f. Guru
pembimbing memantau kerja tiap-tiap kelompok dan mengarahkan atau memantau
siswa yang mengalami kesulitan
g. Guru pembimbing meminta perwakilan dari kelompok
untuk maju dan membacakan jawaban yang telah didiskusikan, siswa yang berani
maju akan mendapatkan 1 point bintang
h. Guru pembimbing melakukan klarifikasi atas jawaban
siswa
|
|
Penutup
|
a.
Guru
pembimbing membuat kesimpulan tentang
cara mengendalikan dan mengarahkan emosi
b.
Guru
pembimbing merefleksi dan memberikan penguatan kepada siswa
c.
Guru pembimbing
melakukan penilaian segera kepada siswa
d.
Guru pembimbing bersama siswa
mengucapkan doa sesudah belajar
e. Guru
pembimbing mengucapkan salam penutup
|
10 menit
|
N. Tempat Layanan :
Ruang kelas VII A
O. Waktu/Semester :
2
x 40 Menit/Semester Ganjil
P. Hari/Tanggal : Rabu,
11 September 2013
Q. Pelaksana :
Praktikan
R. Pihak yang Berperan Serta : Guru pembimbing
S. Alat-alat Perlengkapan :
Amplop dan Buku Sumber
: Mulyatiningsih,
Rudi, dkk. 2004. Bimbingan
Pribadi-Sosial,
Belajar, dan
Karir. Jakarta : Grasindo,
T. Media
: -
U. Rencana
Penilaian :
Laiseg
V. Rencana
Tindak Lanjut :
Pemberian bimbingan kelompok bagi siswa
yang belum paham
Tidak ada komentar:
Posting Komentar